Analisa Pekerjaan (Job Analysis)
Analisis Pekerjaan
gunanya adalah untuk mengumpulkan,mengevaluasi dan mengorganinsasi informasi
pekerjaan secara menyeluruh.
Informasi Pekerjaan
yang diperolah dari analisis pekerjaan memainkan peran krusial dalam bagian sumber
daya manusia,karena mensuplai dan minimum untuk pelaksaan usmber daya manusia.
Faedah informasi
Analisis Pekerjaan:
1. Menetapkan dasar
pemberian koperasi
2. Mengevaluasi
faktor-faktor lingkungan yang mempengaruhi pekerjaan.
3. Menghilangkan
persyaratan-persyaratan kerja yang menyebabkan deskriminasi pekrjaan-pekerjaan
individual.
4. Merencanakan kebutuhan
pengadaan sumber daya manusia untuk waktu yang akan datang.
5. Memadukan
lamaran-lamaran dengan kualifikasi yang ada.
6. Menentukan kebutuhan
latihan bagi karyawan baru dan lama serta mengembangkan karyawan potensial.
7. Menetapkan standar
prestasi kerja yang realistik.
8. Menetapkan karyawan
sesuai dengan kemampuan dan keterampilannya.
9. Membantu revisi untuk
organisasi dan memperbaiki aliran kerja serta orientasi karyawan
Jabatan atau pekerjaan merupakan hal yang penting dalam organisasi untuk
mencapai tujuannya. MSDM membutuhkan informasi tentang keseluruhan jabatan yang
ada di perusahaan dan jabatan perlu didesain agar dapat memotivasi kinerja para
anggotanya.
Jabatan sering disebut
juga sebagai pekerjaan disamping sebagai status dalam organisasi merupakan
sekumpulan tugas-tugas yang harus dilakukan. Jabatan menjadi hal yang penting
karena hal itu menunjukkan kompetensi yang harus dimiliki, dan menjadi alat
untuk mencapai tujuan organisasi, dan menjadi obyek penting yang harus
diperhatikan.
Analisa jabatan atau job analysis merupakan pencarian
informasi tentang jabatan yang ada. Tujuan analisa jabatan adalah untuk
menentukan/memperbaharui informasi analisa jabatan (job description, job
specification, job performance standard), untuk tujuan-tujuan khusus
misalnya, untuk evaluasi kompensasi, perancangan ulang pekerjaan, dan
lain-lain. Informasi analisis jabatan diantaranya :
- Job
Description : pernyataan tertulis yang menjelaskan
tugas-tugas, tanggung jawab, kondisi kerja, dan aspek yang lainnya.
- Job
Specification : persyaratan atau karakteristik orang yang
dibutuhkan untuk melakukan suatu pekerjaan (pendidikan, pengalaman,
pelatihan, dan ciri fisik dan mental).
- Job Performance
Standard :
Bagaimana kinerja diukur (target yang harus dicapai, sikap, dan perilaku
kerja).
Ketiga dokumen ini menjadi elemen utama dari human resource
information system.
Aktivitas MSDM
berdasarkan aktivitasnya pada informasi analisa jabatan :
- Merekrut
pegawai yang potensial
- Mencocokka
pelamar dengan jabatan yang kosong
- Menentukan
kegiatan pelatihan
- Melakukan
penilaian kinerja
- Penentuan
kompensasi
- Perencanaan
kebutuhan SDM masa depan
- Menentukan
standar kerja yang realistik
- Penempatan
yang tepat
- Mengevaluasi
bagaimana tantangan lingkungan mempengaruhi pekerjaan seseorang
- Bimbingan
dan pengawasan
- Menghindari
persyaratan yang tidak dibutuhkan yang dapat menyebabkan diskriminasi
- Mengungkapkan
elemen-elemen yang dapat membantu atau mengabaikan kualitas kehidupan
kerja
- Perancangan
jabatan
Langkah-langkah
analisa jabatan :
- Mengidentifikasi
jabatan-jabatan yang akan dianalisa
- Jabatan
apa?
- Identifikasi
dapat melalui struktur organisasi, daftar gaji
- Berapa
orang pemegangnya?
- Dalam
perusahaan jumlah jabatan mungkin sangat banyak
- Menentukan
jenis informasi yang akan dianalisa
- Identiatas
jabatan; Identitas
jabatan/pekerjaan dalam struktur organisasi yang berlaku sekarang.
Jabatan dibawah jabatan apa dan membawahi jabatan apa.
- Tujuan
utama dari pekerjaan; Apa tujuan utama atau hasil yang ingin dicapai
atau tanggung jawab utama dari pekerjaan.
- Rincian
tugas (apa, bagaimana, dan hasilnya apa); Tugas-tugas penting atau
tugas-tugas yang harus dikerjakan, bagaimana mengerjakan dan apa hasil
kerjanya.
- Sumber
daya yang dibutuhkan; Sumber daya yang dibutuhkan untuk dapat
melakukan pekerjaan dengan baik misalnya komputer, atau peralatan
tertentu.
- Alur
input output
- Lingkup
keputusan; Pada
aspek apa pemegang jabatan diberi wewenang untuk mengambil keputusan.
- Kompeleksitas
pekerjaan
- Hubungan-hubungan
dalam pekerjaan
- Persyaratan
pekerjaan;
Persyaratan seperti pengetahuan, keterampilan, kemampuan, sifat
kepribadian, dan fisik yang harus dimiliki pemegang jabatan agar
tugas-tugas dalam jabatan itu dapat dilakukan dengan baik.
- Lingkungan
dimana pekerjaan dilakukan; Didalam ruangan atau diluar ruangan, melakukan
perjalanan keluar kota atau tidak, serta apakah berisiko atau tidak.
- Menentukan
teknik pengumpulan informasi
- Kuessioner
- Observasi
- Interview
- Panel
of expert
- Employee
logs
- Mengumpulkan
dan menganalisa informasi; Sumber informasi analisis jabatan :
- Pemegang
jabatan
- Mantan
pemegang jabatan
- Ahli/Expert
Analisa jabatan
dilakukan secara berkala dalam kurun waktu tertentu, misalnya 5 tahun sekali
atau pada waktu pendirian perusahaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar